Sampah Di Negaraku


Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemukan dengan yang dinamakan sampah, entah itu berupa bungkus bekas makanan atau sampah dari sisa-sisa kegiatan ibu rumaha tangga. Tapi tahukah anda apa sampah itu..? Sampah atau limbah merupakan bahan sisa hasil dari kegiatan manusia, dapat dihasilkan dari aktivitas rumah tangga, perkantoran, pabrik dan semacamnya.


Sampah berdasarkan kamus lingkungan (1994) dinyatakan bahwa Pengertian Sampah adalah bahan yang tidak mempunyai nilai atau tidak berharga untuk digunakan secara biasa atau khusus dalam  produksi atau pemakaian; barang rusak atau cacat selama manufaktur; atau materi berkelebihan atau buangan..
Menurut Daniel (2009) terdapat tiga jenis sampah, di antaranya:
1.     Sampah organik: sampah yang terdiri dari bahan-bahan yang bisa terurai secara alamiah/biologis, seperti sisa makanan dan guguran daun. Sampah jenis ini juga biasa disebut sampah basah.
2.     Sampah anorganik: sampah yang terdiri dari bahan-bahan yang sulit terurai secara biologis. Proses penghancurannya membutuhkan penanganan lebih lanjut di tempat khusus, misalnya plastik, kaleng dan styrofoam. Sampah jenis ini juga biasa disebut sampah kering.
3.     Sampah bahan berbahaya dan beracun (B3): limbah dari bahan-bahan berbahaya dan beracun seperti limbah rumah sakit, limbah pabrik dan lain-lain.

Berdasarkan sumbernya sampah dapat diklasifikasikan menjadi:
1.     limbah alam: sampah yang dapat terjadi atau dihasilkan di kehidupan liar dan terproses secara alamiah, sampah alam cenderung tidak begitu berbahaya karena sampah ini biasannya berupa sampah organik atau sampah yang bisa terurai seperti daun-daun kering, ranting pohon dsb..
  1. Limbah domestik
Juga dikenal sebagai "sampah kota", limbah domestik adalah limbah yang dihasilkan sebagai akibat dari penggunaan manusia dalam kehidupan sehari-hari biasa dari kegiatan rumah tangga, perkantoran, toko, dll
 contoh limbah domestik :
·         Air bekas mandi dan cuci
·         Buangan eksreta/tinja manusia
·         Kaleng sisa makana
·         Sisa-sisa makanan dari rumah makan, hotel, perkantoran, dll  


Limbah industri industri: sampah yang berasal dari daerah industri yang terdiri dari sampah umum dan limbah berbahaya cair atau padat.
3.      limbah industri adalah bahan sisa yang di keluarkan dari akibat proses industri
Contoh dari limbah industri :
·         Sisa proses industri
·         Proses pencucian peralatan
·         Proses pendingin
·          Tumpahan bahan baku cair
   
4.     Limbah  nuklir merupakan sampah yang dihasilkan dari fusi dan fisi nuklir yang menghasilkan uranium dan thorium yang sangat berbahaya bagi lingkungan hidup dan juga manusia.
5.       Limbah pertanianLimbah pertanian adalah sisa dari proses produksi pertanian. Limbah pertanian antara lain berupa kotoran ternak, jerami padi, jerami kacang-kacangan, serasah dan ranting tumbuhan.
  1. Limbah pertambangan
Limbah pertambangan seperti batubara biasanya tercemar asam sulfat dan senyawa besi, yang dapat mengalir ke luar daerah pertambangan.  Contoh limbah pertambangan : -limbah minyak bumi -limbah emas-limbah batu bara-limbah batu pasir-limbah pasir silikat- limbah batu marmer - limbah gas panas bumi


Sampah kini menjadi ancaman serius bagi keberlangsungan hidup di Indonesia. Bila tidak dikelola dengan baik, maka penduduk Indonesia yang berjumlah seitar 240 juta lebih ini akan hidup bersama tumpukan sampah. Apakah kita mau hal itu terjadi..? tentu kita tidak inginkan jika hal demikian itu dapat terjadi.  Akan tetapi di Indonesia ironis sekali karena berdasaran catatan Kementerian Lingkungan Hidup (2013), rata-rata penduduk Indonesia menghasilkan sekitar 2,5 liter sampah per hari atau 625 juta liter dari jumlah total penduduk. Kondisi ini akan terus bertambah sesuai dengan kondisi lingkungan dan aktivitas penduduk yang kian berjalan tanpa kesadaran terhadap pentingnnya menjaga lingkungan dari sampah.



MENGAPA KITA HARUS PEDULI TERHADAP LINGKUNGAN DARI SAMPAH..?


 Sampah dapat menjadi bahaya serius bagi kesehatan kita, misalnya limbah hasil domestik seperti urin dan fases, karena limbah tersebut digunakan sebagai vektor (sarana perkembangan) penyakit yang disebabkan virus dan bakteri yang menimbulkan banyak penyakit, hngga wabah penyakit akan timbul dimana-mana, tidak hanya itu selain sampah menjadi akibat sumber penyakit, sampah juga akan dapat mencemari lingkungan. Tahukah anda jika sampah plastik yang biasa kita buang itu tak akan dapat terurai dalam tanah hingga beratus tahun lamanya, namun limbah itu hanya akan tersimpan atau terkbur didalam tanah dan menjadi penghambat dan mengurangi kesuburan tanah.




Kemana kita harus mencari tempat yang layak untuk ditinggali oleh anak cucu kita kelak jika tanah pegunungan yang fungsinya sebagi paru-paru alam saja sudah dipenuhi dengan sampah, maka dari itu sebelum segala penyesalan akibat sampah menghinggapi kehidupan kita, Mari Kita Lestarikan Dan Perihara Lingkungan Agar Tetap Lestari Untuk Hidup Kita Kini Dan Nanti.









Sampah Di Negaraku Sampah Di Negaraku Reviewed by belajardesign on 06:36:00 Rating: 5

No comments